Setelah dosen menerangkan tentang Java Advanced, beliau memberikan tugas sebagai berikut;
Membuat Program yang dapat menghitung Luas dan Panjang keliling dari bangun 2D dan dapat pula menghitung Volume dan Luas Permukaan dari bangun 3D, dari setiap bangun berikut :
- bangun Lingkaran [2D]
- bangun Oval [2D]
- bangun Bola Bundar [3D]
- bangun Bola Oval (bentuk telur) [3D]
dengan catatan
- Field yang dianggap Static harus dibuat static, yaitu field yang dapat melakukan pengubahan nilai data secara konstan,
- Field yang bisa dianggap Final harus dibuat final, yaitu field yang sudah tidak dapat dilakukan pengubahan nilai data lagi saat digunakan dalam method program,
- dan Field selain mempunyai sifat static dan final dijadikan field biasa.
/********Untuk Lingkaran [2D]*********/
luasLingkaran = PI*Math.pow(jari, 2);
kelilingLingkaran = 2.0 * PI * jari;
/********Untuk Oval [2D]*********/
luasElips = (pb2)*PI*jari1*jari2;
kelilingElips = (pb2)*PI*(jari1+jari2);
/********Untuk Bola Bundar[3D]*********/
luasPermukaanBola = (pb3)*PI*Math.pow(jari, 2);
volumeBola = (pb1) * PI * Math.pow(jari, 3);
/********Untuk Bola Oval[3D]*********/
luasPermukaanTelur = (pb3)*PI*((jari1+jari2)*jari3);
volumeTelur = (pb1) * PI * (jari1*jari2*jari3);
>>
Refrensi Rumus : http://pengetahuanumum.wordpress.com/2008/10/29/luas-dan-keliling-bidang-datar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)