Kamis, 28 Maret 2013

Landasan Teori Laporan PKL - World Wide Web

Salah satu unsur yang paling sering digunakan dalam internet adalah Web atau World Wide Web (WWW). Web merupakan aplikasi internet yang paling populer. Secara teknis, Web adalah sebuah sistem dengan informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain – lain yang tersimpan dalam server web internet (Simarmata, 2010 : 47).


Web digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :
  1. Web Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit source code yang menjadi struktur dari situs itu.
  2. Web Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin.  Terdapat halaman utama untuk diakses user dan halaman backend untuk mengedit kontent dari website tersebut.
  3. Web Interaktif adalah web yang dapat membuat pengunjung dapat berinteraksi dan memposting pendapatnya di web tersebut mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.
Untuk membangun sebuah website yang lebih baik, diharuskan untuk menyediakan unsur penunjang lainnya sebagai berikut :
  1. Domain Name atau dalam bahasa Indonesia disebut Nama Domain adalah penamaan atau pengalamatan untuk membuka sebuah web (Kurniawan, 2009 : 137). Dapat dikatakan  pula sebagai bagian dari URL (Uniform Resource Locator). Nama domain juga mempunyai identifikasi ekstensi/ akhiran yang sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.
  2. Hosting adalah Jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga dapat memungkinkan sebuah organisasi atau individu memperoleh informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS (Kurniawan, 2009 : 137).
  3. Bahasa Pemograman (programming language merupakan  sekumpulan kata yang dapat mengintruksikan komputer untuk melakukan tugas tertentu. Bahasa pemograman dapat dikatakan pula sebagai software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa pemograman dapat dikatakan pula sebagai software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa pemograman  terbagi menjadi 3 (tiga) level yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat menengah (middle level language), dan bahasa tingkat tinggi (high level language) 
  4. Desain merupakan hal yang mempengaruhi penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website dan mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat membuka website tersebutSehingga unsur website merupakan unsur penting dan utama dalam membangun sebuah website.
  5. Publikasi. Sebuah Web tidak akan memiliki makna dan nilai kegunaan jika tidak dikunjungi oleh pengunjung internet. Sehingga diperlukan adanya media publikasi atau promosi terhadap Web tersebut. Publikasi dapat dilakukan dengan cara mencantumkan nama domain situs ke dalam media cetak, atau publikasi langsung di internet melalui search engine.
  6. Pemeliharaan situs merupakan hal pendukung dari kelanjutan situs. Pemeliharaan ini dapat dilakukan dengan melakukan penambahan berita, artikel, link, gambar, dan lain sebagainy.
Dalam hal ini yang dilakukan penulis adalah unsur keempat yakni unsur desain, yang dimaksud adalah desain interface aplikasi mobile web.

sumber : 
Kurniawan, Rulianto. 2009. Situs Instan Joomla 1.5 untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom.
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta : Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)