Rabu, 26 Maret 2014

Teknologi Informasi

Admin akan membahas mengenai Teknologi Informasi.. Semogaa temen-temen yang mau kuliah bisa dapat refrensi mengenai jurusan dan guna teknologi informasidari sini dan ga ada lagi tanggapan nanti kalau dia salah jurusan ^^

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi menurut Information Technology Association of America (ITAA) adalh suatu studi, perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan, atau manajemen dalam sistem informasi berbasis komputer, khususnya aplikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer. TI sendiri memanfaatkan penggunaan perangkat komputer elektronik dan perangkat lunak untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses, mentransmisikan, dan memperoleh informasi secara aman.

Peranan TI dewasa ini menjadi hal yang sangat penting karena sudah banyak organisasi yang menerapkan teknologi informasi untuk mendukung berbagai kegiatan organisasi. TI diterapkan untuk pengelolaan informasi yang penting karena:

1. Meningkatkan kompleksitas dari tugas manajemen;
2. Pengaruh ekonomi internasional (globalisasi);
3. Perlunya waktu tanggap (respon time) yang lebih cepat;
4. Tekanan akibat dari persaingan bisnis.


Prinsip dan Tujuan TI

Prinsip adalah sebuah aturan yang mendasar, garis besar/ acuan, atau ide motivasi, yang diaplikasikan pada sebuah situasi, untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tujuan TI adalah untuk memecahkan masalah, membuka kreativitasm dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.

Prinsip "High-Tech-High-Touch" yaitu semakin kita bergantung pada teknologi maju, maka semakin penting untuk mempertimbangkan aspek "High-Touch" yaitu sisi manusianya.


Fungsi dan Keuntungan Penerapan TI

Ada enam fungsi TI (dari buku), yaitu sebagai berikut:

1. Mengkap (Capture)
2. Mengelola (Processing)
3. Menghasilkan (Generating)
4. Menyimpan (Storage)
5. Mencari kembali (Retrival)
6. Transmisi (Transmition)

Sedangkan, berikut keuntungan dari penerapan teknologi informasi:

1. Kecepatan (Speed)
2. Konsistensi (Consistency)
3. Ketepatan (Precision)
4. Keandalan (Realibility)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)