Sabtu, 16 Agustus 2014

Java IDE: JCreator, Eclipse, dan NetBeans

Cara sederhana dalam melakukan kompilasi program Java adalah menggunakan perintah baris (command-line) melalui command-prompt. Akan tetapi dalam melakukan pembuatan program Java, kita akan lebih dimudahkan jika menggunakan Java IDE (Integreted Development Environment). Dengan Java IDE, semua kebutuhan pemograman akan dijadikan dalam satu tempat; mulai dari text editorcompiler/interpreter, sistem help, dan fitur lainnya yang membantu proses penulisan kode (seperti: code auto-complete dan syntac highlight).

Ada tiga jenis Java IDE yang sering digunakan dalam pembuatan program Java, yaitu:
1.      JCreator
Software ini merupakan IDE yang sederhana dan cepat; cocok digunakan untuk mempelajari program-program kecil/ pembelajaran dasar Java.
Untuk memperoleh IDE JCreator silahkan download di http://jcreator.com/.
2.      Eclipse
Software ini merupakan IDE yang dikembangkan oleh IBM. IDE ini membutuhkan dukungan RAM yang besar. IDE ini banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi kompleks baik desktop ataupun mobile.
Untuk memperoleh IDE Eclipse silahkan download di http://eclipse.org/
(versi terbarunya adalah Eclipse Luna).
3.      NetBeans
Software ini merupakan IDE menarik yang layak digunakan untuk mengembangkan berbagai tipe aplikasi; mulai dari aplikasi consolevisualenterprisemobile, dan sebagainya. IDE ini juga membutuhkan dukungan RAM yang besar.
Untuk memperoleh IDE NetBeans silahkan download di https://netbeans.org/
(versi terbarunya NetBeans8).


Sumber: Raharjo, Budi, Imam Heryanto, dan Arif Haryono. 2010. Mudah Belajar Java. Bandung: Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)