Senin, 10 Agustus 2015

Array

Apa itu ARRAY ?

Array atau larik adalah koleksi data atau tipe data terstruktur dimana setiap elemen memakai nama dan tipe yang sama, sehingga setiap elemen dapat diakses dengan hanya membedakkan indeks arraynya. 

Array dapat berupa satu dimensi, dua dimensi, tiga dimensi, ataupun banyak dimensi (multidimensi).

Dalam array, banyaknya lokasi memori, atau disebut indeks, dapat secara otomatis disediakan sesuai dengan banyaknya nilai yang dideklarasikan.

Elemen array tersusun dimemori secara berurutan (sekuensial), sehingga elemennya dapat diproses beruntun melalui indeks terturut.



Bagaimana cara memproses array ?
Memproses array artinya mengunjungi setiap elemenmnya dan memanipulasi nilai didalamnya. Kunjungan dimulai dari elemen pertama array, lalu berturut-turut pada elemen berikutnya sampai elemen terakhir. 

Karena jumlah elemen array sudah diketahui dari awal proses, maka jumlah pengulangan juga dapat ditentukan. Sehingga struktur pengulangan 'for' cocok digunakan untuk memproses array.



Bagaimana cara menginisialisasi array ?

Menginisialisasi array adalah memberikan harga awal untuk seluruh atau mungkin sebagian elemen. 

Inisialisasi biasanya diperlukan, misalnya 'mengosongkan' elemen sebelum dipakai untuk proses tertentu. Biasanya untuk tipe numerik digunakan angka nol (0) dan untuk tipe karakter dengan karakter kosong (null).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)