Jumat, 17 Maret 2017

Reklame (part 02)

Reklamo atau reklame berarti "menyerukan berulang-ulang" atau istilah lainnya adalah mempromosikan sesuatu informasi.

Reklame di bedakan atas beberapa jenis yaitu:

1. Reklame Strategis
    Biasanya dipadang pada tempat-tempat pertunjukan, seperti stadion olahraga, gedung kesenian, dan tempat hiburan. Berfungsi secara temporer dan dibuat dengan ukuran besar agar mudah diingat.

Reklame Konser

2. Reklame Informasi
    Reklame informasi bersifat suatu pemberitahuan, terutama oleh perusahaan yang memperkenalkan suatu produk atau barang baru sehingga dikenal oleh publik. 
    Biasanya reklame ini hanya memuat gambar dan keterangan dari produk yang dipormosikan dan dibuat ringkas, baik barang yang ditawarkan maupun nama perusahaan yang memproduksinya. 
    Reklame jenis ini banyak terdapat di majalah, surat kabar, atau pinggir jalan.





Bentuk-Bentuk Huruf Reklame

Huruf merupakan faktor terpenting dalam pembuatan reklame. Dengan penulisan huruf yang jelas dan menarik, maka tujuan dari sebuah reklame akan tercapai. Demikian pula kata-kata atau kalimat yang disampaikan, harus jelas agar mudah dimengerti.

Bentuk huruf harus menunukan ciri khas nama barang atau tempat. Dengan menggunakan huruf khas, maka orang akan tertarik dan akhirnya mudah menghafal dan mengerti maksudnya. Bentuk huruf dapat dibuat sederhana, tetapi jelas dan dapat juga dibuat bervariasi.

Dalam membuat reklame sebaiknya diawali dengan berlatih menulis huruf balok. Huruf balok merupakan huruf yang jelas dan mudah ditulis. Huruf balok disebut juga huruf persedi panjang dengan perbandingan :

Tinggi : Lebar = 5 :  3

Khusus huruf U, tinggi : lebar = 5 : 4
Khusus huruf W, tinggi : lebar = 5 : 5


Contoh huruf yang dipakai dalam reklame adalah huruf Augustea Inline, Broadway Engraved, Phoebus, Grosteque Outline, Jonisch, Lichhte, Egyptian, Haibfette, News Gothic, Letter Form No.2, and Futura Medium.

<< PART 01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)