Selasa, 09 Mei 2017

Software Multimedia Opensource

Berikut ini ada beberapa software multimedia opensource yang bisa kalian gunakan seperti Blender, GIMP, Inkspace, Scribus, dan OpenOffice.

• Blender

Blender merupakan software untuk membuat gambar dan modeling 3D berbasis opensource, aplikasi ini sangat terkenal bagi para pengguna linux para designer 3D.

Blender 
Sintel, kajimba, man in man, dan lain-lain merupakan contoh film animasi 3D yang dibuat menggunakan blender.

Perbandingan dengan Cinema 4D, 3Ds Max, dan Maya. 

Blender merupakan software opensource yang powerfull untuk pembuatan animasi 3D yang menakjubkan dan kita tidak perlu mengeluarkan cost yang besar untuk membeli lisensi dari
software blender. software ini merupakan software yang multi platform dan bisa dipakai di semua sistem operasi baik Windows, MacOS, terlebih lagi Linux.

Cinema 4D, bisa saya bilang software menengah untuk software berbayar, karena untuk satu lisensi saja kita harus merogoh kocek sekitar 1000$, namun anda bisa membeli addons tambahan jika ingin meningkatkan fungsionalitas dari Cinema 4D. software ini memiliki kelebihan yaitu memiliki antar muka atau interface yang sangat intuitif dan memiliki detail body paint yang sangat bagus.

3Ds Max, merupakan software yang sangat terkenal dikalangan para designer 3D besutan Autodesk dan memiliki komunitas online terbesar di dunia.

Maya, juga merupakan produk dari Autodesk, yang hampir sama dengan Cinema 4D, di khususkan untuk kalangan menengah. sedangkan Maya lebih ke animasinya, dan 3Ds max lebih kepada pembuatan dunia virtual, arsitektur dan lain-lain.



• GIMP (GNU Image Manipulation Program)

GIMP
Anda pernah dengar photoshop?
kalau anda pernah dengar photoshop, pasti anda juga pernah dengar dengan yang namanya GIMP, software ini layak menjadi saingannya adobe photoshop. Akan tetapi,  GIMP berbeda dengan photoshop walaupun memiliki fungsi yang sama dengan photoshop yaitu memanipulasi image atau gambar.

GIMP merupakan software opensource alias sumber terbuka alias GRATIS!!, yang multiplatform karna bisa berjalan di linux, MacOS dan windows. 

Klik disini >> https://www.gimp.org/


• Inkscape Vector Graphics Editor

Inkscape
Inkscape merukan software opensource yang dapat menjadi saingan terberat CorelDraw dan Adobe Ilustrator. Software ini merupakan alternatif para designer dan banyak yang bilang inkscape merupakan permata tersembunyi. banyak dari designer profesional yang menggunakan inkscape (meskipun mereka telah membeli Ilustrator dari adobe) karena inkscape memiliki fitur yang lebih bagus apalagi jika dikombinasikan antara adobe ilustrator dan inskscape.



• Scribus
Scribus
Scribus merupakan alternatife dari adobe indesign, scribus merupakan software desktop publishing (DTP) terbaik, karena merupakan software open source berlisensi GNU GPL yang banyak digunakan sebagai program layout halaman yang handal.

Software ini dapat menghsilkan output dalam bentuk PDF dan Postscript yang memiliki kualitas setara dengan yang dihasilkan oleh software-software komersial terkenal seperti Pagemaker, Indesign ataupun QuarkExpress.

Klik linknya disini...

• OpenOffice.Org

Software multimedia ini amat penting bagi pengguna linux khususnya. Hal ini dikarenakan fungsionalitas dan kompatabilitasnya dengan software lain terutama software Office yang dikeluarkan oleh Microsft yaitu Microsoft Office.

OpenOffice.Org merupakan aplikasi perkantoran yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata, spreadsheet, grafis, dan presentasi. aplikasi ini memiliki dukungan di hampir semua platform dan sistem operasi, salah satu kelebihannya adalah memiliki dukungan (hampir) semua bahasa di dunia, dan memiliki kehandalan mengenali semua dokumen aplikasi perkantoran lain seperti Microsoft Office, serta yang paling penting bisa digunakan dimana saja, bebas dan tanpa biaya sedikitpun. 

Hal ini karena OpenOffice.Org merupakan aplikasi berbasis kode terbuka yang berlisensi GNU GPL. software ini mudah digunakan dan memiliki komunitas yang siap untuk mengembangkan software ini menjadi lebih powerfull untuk keperluan aplikasi perkantoran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)