Jumat, 06 April 2012

PostgreSQL

Pemograman Lanjut
PostgreSQL merupakan salah satu dari sistem basis data yang menyediakan fitur  yang kaya dan lengkap untuk replikasi basis data, seperti DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan sebagainya, serta mendukung transaksi, view, subselect, foreign key support, pemeriksaan, dan lainnya. Ia merupakan sistem yang kuat untuk urusan relasi, open source. Menurut wikipedia, pengembangan postgreSQL aktif dan terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang "kuat", "handal", "integrasi data", dan "akurasi data".


Sudah banyak beberapa web yang kita kenal menggunakan PostgresSQL, seperti Yahoo!, MySpace, Open StreetMap, Afilias, Sony Online, BASF, hi5.com, Skype, Sun xVM, dan Sistem Informasi kampus saya, ais.uinjkt.ac.id..

Selama ini, PostgreSQL telah banyak memberikan keuntungan lebih terhadap perusahaan atau kegiatan bisnis yang menggunakan sistem database ini dari pada sistem database lainnya. Berikut keuntungan dengan menggunakan PostgreSQL :
  • Dengan sistem ini, tidak ada seorangpun dapat menuntut Anda untuk pelanggaran terhadap lisensi (bersifat free), sehingga bisnis menjadi lebih profitable dengan skala penyebaran yang luas, tidak ada kemungkinan pemeriksaan lisensi, dan fleksibel untuk menjalankan konsep penelitian dan trial deployment.
  • PostgreSQL memberikan support kuat, dimana terdapat komunitas ahli dan para peminat.
  • PostgreSQL didesaind an dibuat untuk memlunyai tingkat pemeliharaan dan kebutuhan yang lebih rendah daripada sistem database sebelumnya, dan tetap mempertahankan kuallitas fitur, stabilitas, dan performa.
  • Banyak perusahaan yang melapor, bahwa sistem PostgreSQL tidak pernah sekalipun mengalami crashed pada saat melakukan operasi dengan tingkat aktivitas tinggi
  • Bebas untuk memperluas data.
  • PostgreSQL dapat dijalankan hampir disemua jenis Unic, juga di Windows (menggunakan Cygwin)
  • PostgreSQL menggunakan penyimpanan data dengan banyak baris, dinamakan MVCC. Hal ini dimaksudkan agar ia sangat responsif pada high volume environments.
  • Beberapa tools GUI yang berkualitas tinggi tersedia untuk mengelola database (pg.Admin, pg.Access), sekaligus desain database.
  • Kaya akan fitur yang mendukung sistem database, seperti rules, views, triggers, unicode, sequences, inheritance, outer join, sub0select, open API, dan masih banyak fitur lainnya. 
Mengenali apa yang akan dipelajari ternyata penting, ckck.. tadinya saya fikir kenapa kalau udah biasa di MySQL harus ke database lain, Ternyata ada keuntungan-keuntungannya yah... :) Terima Kasih Bapak Fau..
sumber : wikipedia..com, datashow2.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)