Minggu, 22 Oktober 2017

Dioda Cahaya

Dioda Cahaya atau lebih di kenal dengan sebutan LED ( light-emitting diode ) adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.

Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai dan bisa juga dekat ultraviolet, tampak, atau inframerah.

Teknologi LED

Fungsi fisikal,
Sebuah LED adalah sejenis Dioda semikonduktor istimewa. Seperti sebuah Dioda  normal, dia terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor yang di isi penuh atau di dop, dengan ketidak murnian untuk menciptakan sebuah struktur yang disebut p-n junction. Pembawa-muatan-elektron dan lubang mengalir ke junction dari elektroda dengan voltase berbeda. Ketika elektron bertemu dengan lubang, dia jatuh ke level yang lebih energi yang lebih rendah dan melepas energi dalam bentuk photon.

Emisi Cahaya

Panjang gelombang dari cahaya yang dipancarkan dan oleh karena itu warnanya akan tergantung dari energi bandgap dari bahan yang membentuk pn junction. Sebuah dioda normal, biasanya terbuat dari silikon dan germanium, memancarkan cahaya tampak dekat - inframerah, teteapi bahan yang digunakan untuk sebuah LED.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)