Minggu, 09 Oktober 2011

Pengenalan HTML

HTML
(materi Kuliah Praktikum Web Programming )

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language merupakan bahasa yang paling mendasar untuk membuat website, bahasa ini juga mudah untuk dipelajari. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuar dari editor smbarang, dokumen ini disebut dengan web page. Ekstensi HTML dapat berupa " .htm ", atau  " .html".

Elemen merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh elemen adalah head, body, table, paragraf, dan list. Elemen dapat berupa teks murni, bukan teks, atau kombinasinya.

Untuk menandai beberapa elemen kita memerlukan sebuah tag. Tag html terdiri atas kurung sudut kiri (<) - nama tag - kurung sudut kanan (>). Tag juga umunya berpasangan, misalkan <h1>....</h2>.  Peraturan sebuah tag :
  • tag HTML di apit oleh dua karakter kurung bersudut, < dan >,
  • tag HTML secara formal selalu berpasangan, <p> .... </p>,
  • tag HTML tidak bersifat case sensitive, <p> sama aja dengan <P>
  • penulisan tag HTML harus berurut, tidak besilang. contoh
         Penulisan yang benar  : <b><i> Tebal dan Miring </i></b>
         Penulisan yang salah  : <b><i> Tebal dan Miring </b></i>
Tag dapat mempunyai Atribut, dimana atribut digunakan untuk menyatakan sesuatu  tentang tag tersebut. Atribut digunakan untuk mengubah default performatan dokumen dengan tag yang bersangkutan.  contoh tag yang tidak berartibut adalah "<body>", hal ini berarti aturan dari tampilan body sesuai dengan aturan Web pada umumnya, misalkan Background (pada umumnya background dari Web adalah putih). Untuk mengubahnya kita dapat menggunakan atribut "<body bgcolor="red">". Namun, apabila telah menggunakan HTML standard 4.0, dianjurkan menggunakan style sheet dalam mengubah default dari suatu tag.

Untuk Melihat Tag dasar dari HTML, silahkan ke Page selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)