Sabtu, 22 Oktober 2011

Perbedaan Echo dan Printf

Perbedaan pada PHP
admin

    Rangkaian fungsi – fungsi String yang digunakan dalam PHP untuk mengelolah tipe data String atau  menampilkan tampilan dengan format tertentu. Berikut penjabaran singkat tentang fungsi Echo dan Print. Kedua fungsi ini merupakan fungsi yang sangat sering dijumpai dalam PHP, karena fungsi ini digunakan untuk menampilkan suatu string atau teks ke browser.  Perbedaan antara keduanya yaitu :
o   Dari segi definisi, Printf merupakan fungsi untuk menampilkan string terformat dan memiliki nilai kembali, sehingga memungkinkan untuk dilakukan pem-format-an suatu nilai. Sedangkan, Echo merupakan kontruksi bahasa dalam PHP untuk menampilkan banyak string dan tidak memiliki nilai kembali, sehingga tidak dapat digunakan untuk melakukan iperasi aritmatika, perbandingan, dan logika.
 o Fungsi print berperilaku seperti fungsi pada umumnya, dan memiliki nilai kembalian (return value) berupa integer 1. Dengan demikian, printf dapat digunakan sebagai bagian dari ekspresi yang lebih kompleks. Sementara itu, echo mampu menerima lebih dari satu parameter sekaligus, dan tidak memiliki nilai kembalian.
                 print ‘String 1';
                 echo ‘String 1';
            // Menggunakan beberapa parameter
            echo ‘String 1', “String 2", ‘…’;
o   Fungsi string echo akan dieksekusi lebih cepat dibanding dengan printf. Perbedaan ini disebabkan karena fungsi printf akan mengembalikan status (integer) yang menyatakan apakah proses berhasil dilaksanakan atau tidak.
o     Di sisi lain, echo hanya menampilkan output saja dan tidak mengerjakan apa-apa lagi. Adapun dalam implementasinya, status nilai kembalian dari penggunaan fungsi string hampir tidak pernah diperlukan.

1 komentar:

  1. makasih gan, ane newbie jadi ga tw hehe..

    sukses selalu buat agan

    BalasHapus

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)