Minggu, 09 Oktober 2011

Tag Dasar pada HTML

<lanjutan HTML >
Tag dasar berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. Judul atau topik akan disimpan dalam selection/ elemen HEAD, disimpan dalam elemen TITLE, dan akan di tampilkan dalam elemen BODY.
Tag Dasar tersebut diantaranya :


Html
    Merupakan tag mendasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan keharusan untuk  menuliskannya sebagai Tag pertama dalam dokumen.
<html> diawal dokumen, dan </html> di akhir dokumen.


Head
    Merupakan tag selanjutnya, setelah html.  Tag ini digunakan untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.
<head> diawal dokumen setelah html, dan </head> di akhir dokumen sebelum html.


Title
    Merupakan tag didalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/ informasi pada caption browser web tentang topik page.
<titleJudul Dokumen </title>.


Body
    Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan didalam browser harus dituliskan.
<body> diawal setelah tag penutup head, dan </body> di akhir dokumen sebelum html.


Heading
    Teks dalam sebuah dokumen, umumnya mempunyai judul topik. Dalam dokumen HTMl, judul topik ini bernama Heading. Heading akan dituliskan dalam huruf yang lebih besar dan ditebalkan. Terdapat 6 tingkatan dalam heading, dari nomor 1 sampai dengan 6, semakin ke atas huruf semakin kecil. Penulisan
<h1> diawal dokumen, dan </h2> di akhir dokumen.

headline 1

headline 2

headline 3

headline 4

headline 5
headline 6

Paragraf
    Setiap sebuah paragraf yang akan dituliskan, dimulai dengan memberi tag <p> atau berarti paragraf dan diakhiri dengan tag </p>, walaupun tanpa tag penutup, tidak akan memberikan dampak apa-apa, akan tetapi untuk membuat paragfraf baru harus memberikan tag <p> lagi. Tag paragraf juga menyebabkan tulisan paragraf tersebut akan sesuai dengan dukungan performatan lebar dari Browser.


Line Break
    Saat masih dalam sebuah paragraf, wlaupun dalam editor kita memberikan enter, tulisan akan tetap sebaris. Dengan bantuan tag ini, kita akan memaksakan ganti baris pada dokumen web. Ganti baris disini dimaksudkan untuk menyajikan informasi pada baris sendiri tanpa berganti paragraf.
<p>  ini paragraf dengan tag penutup. </p>
<
p>  ini paragraf tanpa tag penutup.
<
p>  ini paragraf pertama <br> dan ini baris baru dalam paragraf yang sama.akan menampilkan :  
ini paragraf dengan tag penutup.
ini paragraf tanpa tag penutup.
ini paragraf pertama
dan ini baris baru dalam paragraf yang sama.


Penggaris Mendatar
    Sebuah garis mendatar dapat disisipkan dalam dokumen web, umunya digunakan sebagai pemisah antar paragraf. Tag <hr> disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen.
<p>  ini paragraf pertama. <hr>
<
p>  ini paragraf kedua.
Tampilan dalam Web
   ini paragraf pertama.

   ini paragraf kedua.


Komentar
    Dalam sebuah dokumen informasi ada sebagian teks dalam dokumen yang berfungsi sbagai catatan atau komentar dalam dokumen itu sendiri. Catatan/ komentar dalam dokumen ini tidak akan ditampilkan dalam browser. Peletakannya di dalam tag body. Teks yang berfungsi sebagai komentar disimpan dalam bentuk tag
<!--- sebagai awal, kemudian teks yang dikomentari, dan --!> di akhir tag.
seperti : <! KOMENTAR !>


Untuk meluhat Tag selanjutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)