Senin, 19 November 2012

Jenis Simulasi

Teknik Pemodelan dan Simulasi - 


Teknik simulasi menjadi pilihan tepat, ketika cara analisa tidak mungkin atau sulit digunakan. Dengan berbagai kombinasi dan alternatif yang dapat dipelajari melalui simulasi, sebelum melakukan penerapan dilapangan akan mengurangi resiko terjadinya kesalahan yang berakibat pemborosan biaya.

Seperti simulasi yang dilakukan dalam penerapan lalu lintas busway di Jakarta. Menurut Henmaidi, Doktor Teknik dan Manajemen Industri akan lebih baik  jika didahului  dengan mempelajari  perilaku sistemnya melalui simulasi dengan menggunakan
“Situasi jalur, periode-periode sibuk, arah pergerakan penduduk, pusat perbelanjaan, perkantoran, sarana lampu lalu lintas, penempatan stasiun, jumlah sumber daya dan elemen-elemen lainnya dimodelkan untuk kemudian disimulasikan.”
=================================================================
Beberapa contoh aplikasi simulasi komputer :

1. Pelayanan dan Antrian
Seperti, untuk supermarket dengan simulasi untuk melayani kebutuhan konsumen, melakukan simulasi untuk mengetahui beberapa garis antrian kasir, berapa jumlah untuk jalur cepat dan berapa untuk jalur biasa dalam ukuran supermarket.

2. Manajemen Persediaan Barang
Simulasi digunakan untuk menganalisa sistem persediaan barang. Dimana elemen terpenting yang sangat diperlukan adalah jumlah permintaan barang. Dalam kondisi nyata, akan sulit mencari tahu tingkat permintaan pasar, karena seringkali permintaan bersifat acak, sehingga simulasi merupakan langkah terbaik untuk menanalisanya.

3. Sistem Produksi dan Manufaktur
Simulasi banyak digunakan  untuk memecahkan masalah-masalah produksi seperti jadwal produksi, penyeimbangan jalur  perakitan, perencanaan tata letak serta analisis penempatan atau lokasi. Banyak proses produksi  yang dapat  dipandang sebagai sistem antrian yang kompleks dan dapat dianalisis dengan menggunakan simulasi.

4. Investasi dan Pembuatan Anggaran
Simulasi  digunakan  untuk menghasilkan nilai dari faktor-faktor yang berpengaruh  untuk menentukan  aliran kas tersebut, dan untuk menghitung tingkat pengembalian  dimana inputnya adalah variabel  acak seperti ukuran  pasar, harga penjualan, tingkat pertumbuhan  dan pangsa pasar.

5. Logistik
Simulasi dapat digunakan  untuk menganalisa berbagai  alternatif  jalur  distribusi untuk mendapatkan  hasil optimal. Dengan memperhatikan variabel acak, seperti jarak, transportasi, kecepatan pengiriman, dan penjadwalan.

6. Analisis Sumber Data dan Lingkungan
Simulasi diarahkan  untuk analisa terhadap masalah lingkungan. Simulasi dapat  digunakan untuk  melihat dampak  sebuah proyek seperti kawasan  industri, tempat pembuangan sampah dan instalasi nuklir.
=================================================================
Jenis Simulasi, di antaranya: 

a.  Simulasi Identitas
Kita dapat menggunakan sistem itu sebagai modal untuk mendapatkan pengetahuan atas sifat-sifat maupun tingkah laku di dalam sistem itu sendiri
Biasanya cukup mahal dan tidak  begitu layak, hanya  memberikan sedikit kontrol atau bahkan  tidak sama  sekali terhadap  situasi  atau keadaan untuk mendapatkan jawaban yang efektif

b. Simulasi Identitas Semu
Memodelkan  berbagai aspek  yang terkait  dari sistem yang sebenarnya dan dapat mengeluarkan  unsur-unsur  yang  dapat  membuat setiap  Identity Simulation tidak berfungsi dengan baik.
Contoh : untuk menguji  bagaimana pertahanan udara suatu negara, pengujian itu tidak langsung dilakukan menggunakan pesawat pembom dengan  memasuki  wilayah pertahanan udara negara tersebut. Pesawat tersebut digunakan untuk mendapatkan  data penyerangan sebelum terdeteksi dan response dari negara yang akan diserang

c. Simulasi Laboratorium
Memerlukan berbagai  komponen seperti operator, software dan hardware, komputer prosedur operasional, fungsi-fungsi matematis, distribusi probabilitas dan lain-lain
Tipe Simulasi ini :
   * Operating Planning, menggunakan  komputer untuk mengumpulkan data untuk 
      mengolah informasi dari para pemainContoh : Electronic Warfare Simulator. 
   * Man Machine Simulation, aturan permainan tidak begitu dipentingkan, sementara 
      komputer digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Contoh : Rand System.

d. Simulasi Komputer
Simulasi ini hanya menggunakan komputer untuk memecahkan masalah sesuai kebutuhan yang kemudian diprogramkan ke dalam  komputer.Semua tingkah laku  yang dijadikan persoalan dialihkan ke dalam program, termasuk  ketentuan logika pengambilan keputusan.
Contoh : Pelatihan operasi pemadam kebakaran di kota-kota besar, Sistem inventarisasi  pada perusahaan besar dan medium serta BUMN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)