Kamis, 09 Mei 2013

Landasan Teori Laporan PKL - Perangkat Lunak Pengembangan

Perangkat Lunak Pengembangan
 

Dengan judul laporan Pengembangan Desain Interface Aplikasi Mobile Web berbasis Multiplatform (Studi Kasus : Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia).

Perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi sesuai judul di atas, yaitu Sistem Operasi, 
Sublime Text,  XAMPP, Adobe Photoshop, Browser, Firebug


Sistem Operasi
Sistem Operasi dikatakan sebagai perangkat lunak yang mengontrol sistem kerja perangkat keras sesuai dengan keinginan dari pengguna. Sistem operasi bertugas untuk memanajeman sumber daya atau pengalokasian sumber daya kompter seperti mengatur memori, printer, dan lain – lain. ( Pangera, 2010 : 68).

Sublime Text
Sublime Text adalah text editor yang dapat digunakan untuk beragam bahasa pemograman dan pengguna memperoleh bantuan dalam memperoleh sintaks yang diperlukan. Editor ini dapat di unduh langsung  dari situs beralamat http://www.sublimetext.com. Namun, lisensi masih harus dibeli oleh development. (phpBB, 2013. Sublime Forum, http://www.sublimetext.com/forum/)

 XAMPP
Web Server merupakan salah satu bagian dalam membangun website. Web Server akan menjalankan file program yang dibuat dengan script PHP agar dapat dijalankan pada komputer lokal, yaitu localhost. XAMPP merupakan salah satu paket Web Server. Definisi, XAMPP adalah software triad yang berisi software Apache, PHP, dan MySQL hanya dalam sekali installasi (Nugroho, 2012 : 1). Paket software ini bersifat gratis dan dapat diperoleh dari situs aslinya, yaitu www.apachefriends.org.

Adobe Photoshop
Adobe photoshop merupakan produk perangkat lunak Adobe yang berguna untuk mengola gambar berbasis bitmap, dilengkapi dengan perangkat alat dan efek yang cukup lengkap sehingga  dapat menghasilkan gambar yang berkualitas (Madcoms, 2009 : 1).

Browser
Web dapat diakses oleh perangkat lunak client web yang disebut browser. Browser akan membaca halaman – halaman Web yang tersimpan dalam server web melalui protokol yang disebut Hyper Text Transfer Protocol, disingkat HTTP (Simarmata, 2010 : 49). Sehingga, dapat dikatakan sebagai mesin penjelajah maya. Browser tersebut di antaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Internet Eksplorer. Untuk perangkat mobile, contohnya adalah Google Chrome to Mobile dan Mozilla Firefox Mobile.

Firebug
Firebug adalah opensource untuk web development  dari browser Mozilla Firefox. Sangat baik dengan berbagai fitur yang berguna dan super praktis yang akan memberikan manfaat bagi setiap web designer atau developer. Bahkan, tool ini begitu berguna dan populer yang merupakan ekstensi browser sendiri. ( Mozilla, 2013. Firebug Web Development Evolved. https://getfirebug.com)

sumber:
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta : Andi.
Madcoms, 2008. Kupas Tuntas Adobe Photoshop CS 5. Yogyakarta : Andi.
Nugroho, Bunafit. 2012. Panduan Membuat Program Toko dengan PHP, MYSQL,dan Dreamweaver. Point Of Sale Berbasis Web. Yogyakarta : Alif Media.
Pangera, Abas Ali, dan Dony Ariyus. 2010. Sistem Operasi. Yogyakarta : Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)