Kamis, 24 November 2016

Orientasi Tata Letak Elemen (Item) Kelas JList pada Pemograman Java

Pada Kelas JList terdapat 2 data field (layoutOrientation dan visibleRowCount) dengan masing-masing metodanya (get dan set) untuk mengatur orientasi dari tata letak elemen/item yang dimiliki dan juga untuk menentukan jumlah baris elemen yang digunakan.

Field Kelas layoutOrientation

Dengan tipe int untuk menentukan orientasi tata letak elemen atau item di obyek list. Field ini dapat digunakan dengan metoda getLayoutOrientation untuk mengetahui orientasi tata letak elemen yang sekarang ini sedang digunakan dan metoda setLayoutOrientation(int layoutOrt) untuk menentukan kembali orientasi tata letak elemen di obyek list.

Terdapat tiga konstanta yang mewakili tipe int sebagai argumen dari metoda set. Tiga konstanta tersebut adalah:
(a)  JList.VERTICAL
(b) JList.HORIZONTAL_WRAP dan 
(c) JList.VERTICAL_WRAP.



Field Kelas setVisibleRowCount

Field ini dapat menentukan jumlah baris. 

Dari gambar di atas:
  • (a) adalah tata letak yang dihasilkan dari argumen JList.VERTICAL ke metoda setLayoutOrientation yang mana adalah default (standar) untuk obyek list. Dengan nilai argumen yang sama pada metoda setVisibleRowCount, hasilnya tidak akan memberi perubahan pada orientasi tata letak elemen. 
  • (b) adalah tata letak yang dihasilkan dari argumen JList.HORIZONTAL_WRAP ke metoda setLayoutOrientation dan int 3 ke metoda setVisibleRowCount. 
  • (c) adalah tata letak yang dihasilkan dari argumen JList.VERTICAL_WRAP ke metoda setLayoutOrientation dan int 3 ke metoda setVisibleRowCount.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)