Sabtu, 06 Oktober 2012

Pendahuluan (part 2)

-  Teknik Pemodelan dan Simulasi  -
Pendahuluan Part 2

Simulasi Sampling


Simulasi Komputer diartikan sebagai metode untuk mempelajari suatu sistem yang juga berkaitan dengan waktu. Percobaan dengan sampling berbasis komputer dimana data hostorikal yang mendapatkan perhatian utama, dikenal dengan sebutan Monte carlo samoking sumulation atau Metode Monte Carlo.


Metode Monte Carlo

Metode ini menghendaki adanya pengembangan percobaan secara sistematis dengan Random Number. Simulasi sampling dapat digambarkan sebagai penggunaan data sampling pada simulasi Metode Monte Carlo yang distribusinya telah diketahui/ diperkirakan. 


Metode Monte Carlo banyak berperan juga dalam sistem simulasi komputer dan terkait dengan berbagai faktor lainnya. Metode ini digunakan untuk memanipulasi database besar, memiliki kemampuan membentuk logika (seperti sistem operasi matematika) dalam suatu model, dan dapat mengikuti suatu model untuk dikembangkan pelaksanaannta pada komputer.

Batasan dalam metode ini:

  1. Bila persoalan telah diselesaikan secara matematis, maka sebaiknya jangan lagi digunakan simulas ini, kecuali dalam perencanaan yang memerlukan perkiraan yang luas dan harus diputuskan.
  2. Bila persoalan telah diuraikan secara analisis, maka sebaiknya penyelesaian dilakukan secara terpisah. Yaitu, sebagian penyelesaian dilakukan secara analisis dan lainnya dengan simulasi monte carlo untuk kemudian dilakukan secara keseluruhan disusun sebagai suatu penyelesaian akhir.
  3. Simulasi ini juga dibutuhkan, saat terdapat dua sistem dengan perbedaan parameter dan distribusinya, asalkan ada cukup alasan untuk melakukan simulasi tersebut.

sumber : Modul Presentasi Kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)