Jumat, 17 Oktober 2014

Makhluk Sosial (Bagian 4)

MAKHLUK SOSIAL 
Mata Kuliah: ETIKA BISNIS ISLAM

Norma dan Etika

Norma adalah peraturan-peraturan yang lahir dari sifat  manusia sebagai makhluk dan pelaku sosial. Aturan-aturan ini pada awalnya dibentuk dari ketidak sengajaan yang akhirnya disusun dalam pola linkungan sosial untuk kehidupan yang lebih bermoral dalam setiap tindakan bisnis (interaksi sosial).


Etika adalah ilmu tentang norma-norma, nilai-nilai dan ajaran moral, sedangkan moral adalah rumusan sistematik terhadap anggapan-anggapan tentang apa yang bernilai serta kewajiban-kewajiban manusia. Etika secara umum dapat dibagi menjadi etika umum dan etika khusus.




Etika umum berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia beribadah. Secara etis bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak secara tolok ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat dianalogikan dengan ilmu pengetahuan yang membahas mengenai pengertian umum dan teoriteori.

Etika khusus adalah penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. 

Etika khusus terdiri dari :

  • Etika individual menyangkut kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota manusia.
  • Etika sosial, yaitu untuk menggugah kesadaran kita akan tanggung jawab kita sebagai manusiadalam kehidupan bersama dalam segala dimensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)