Sabtu, 12 November 2011

Membaca Record

dengan mysql_fetch

Terdapat beberapa fungsi PHP yang dapat kita gunakan untuk memanggil record data yang tersimpan dalam  database tertentu, di antaranya :
  • Mysql Fetch Array : untuk mendapatkan hasil record dan melakukan pemrosesan hasil query yang dilakukan dengan perintah mysql_query, serta memasukan datanya dari/ ke dalam sebuah array (array asosiatif  atau array numeris), dapat pula menggunakan kedua array tersebut. Selain itu, secara internal, penunjuk baris akan bergerak sesuai dengan jumlah record yang ada. Sintaks :
    $row = mysql_fetch_array($hasil);
  • Mysql Fetch Assoc  : untuk mendapatkan hasil record dan melakukan pemrosesan hasil query yang dilakukan dengan perintah mysql_query() dan memasukan datanya ke dalam array asosiatif. Sintaks : 
$row = mysql_fetch_assoc($hasil);
  • Mysql Fetch Row : untuk mendapatkan record yang dituangkan ke dalam bentuk array dan untuk melakukan pemrosesan hasil query yang dilakukan dengan perintah mysql_query() dan memasukan datanya ke dalam array numeris. Serta, digunakan pula untuk mengakses record dengan mencantumkan nomor indeks-nya, indeks dimulai dari offser 0.  Sintaks : 
$row = mysql_fetch_row($hasil);
  • Mysql Num Rows : untuk menghitung jumlah record yang ada dalam suatu database tertentu. Sintaks : 
$jml = mysql_num_rows($hasil);
  • Mysql Fetch Field  : untuk mendapatkan keterangan tentang atribut field/ kokom yang dikembalikan ke dalam bentuk objek. Dengan Struktur : 
object mysql_fetch_field (resource $result [, int $field_offset]);
  • Mysql Fetch Length : untuk mendapatkan lebar dari kolom semua baris, diperoleh dari fungsi mysql_fetch_row(), mysql_fetch_assoc(), mysql_fetch_array(), dan mysql_fetch_object() yang dituangkan dalam bentuk array dan dimulai dari offset ke-0. Dengan Struktur : 
array mysql_fetch_lengths (resource $result);
Ket :
 $row adalah sebuah array record dari record $hasil yang diproses dalam nomor record yang sesuai dengan nomor urut dari proses mysql_fetch_array yang sedang dilakukan.
 $hasil adalah record set yang nantinya akan diproses.
 $jml akan memiliki nilai yang sesuai dengan jumlah record data yang ada.

1 komentar:

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)