Sabtu, 26 November 2011

Database Baru dengan PhpMyAdmin

Aplikasi XAMPP

Mengaktifkan Software PHP My Admin..
XAMPP merupakan tools yang menyediakan paket software ke dalam sebuah paket konfigurasi web server, dimana dengan menginstal web server ini, kita tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server apache, php, dan mysql secara manual. Penginstalan software ini juga cukup mudah. Anda dapat men-download software ini http://www.apachefriends.org/en/index.html (cari yang sesuai dengan OS Anda).


Pastikan software XAMPP kamu sudah terinstal. Aktifkan Control Panel Application XAMPP (admin menggunakan software xampp 1.7.3 dan OS Windows 7), dengan search  XAMPP Control Panel, klik ganda, maka akan muncul tampilan sbb (gbr01).


gbr01

Kemudian, aktifkan modules Apache dan Mysql, dengan mengklik tombol Start di sampingnya (gbr02), untuk mengaktifkan penggunaan dari modul Apache dan Mysql. Pastikan Apache dan Mysql kita sudah aktif dengan tampilan seperti gambar (gbr03). Dengan begitu kita dapat menggunakan fasilitas keduanya,

gbr02
gbr03
Lalu masuk ke browser kesayangan (admin menggunakan browser Google Chrome), panggil aplikasi xampp kita dengan alamat http://localhost/xampp/, pilih Tools PhpMyAdmin.  Maka akan muncul (kurang lebih) tampilan PHP My Admin berikut : 


Sekarang  kita dapat menggunakannya sebagai database program kita. Cara Membuat Database baru dengan aplikasi ini cukup mudah, tinggal isi nama database kita di kolom Create New Database (gbr04). Isi kolom tersebut dengan nama database yang sesuai dengan keinginan kita. Lalu klik tombol create. Lalu akan muncul ruang untuk membuat tabel baru :  isis nama tabel dan jumlah kolomnya pada kolom Name (nama tabel) dan Number of Fields (jumlah kolom pada tabel tersebut), setelah itu klik tombol Go dibagian pojok (gbr05). Masuk ke page selanjutnya untuk mengisi variabel dari setiap kolom yang kita gunakan dalam tabel tersebut. Setelah selesai mengisi, klik tombol Save atau jika Anda kekurangan kolom, Anda dapat menambahkan kolom baru dengan mengisi jumlah kolom yang diperlukan dalam kolom Add, kemudian klik Go (gbr06). 

gbr04


gbr05
gbr06
Setelah di Save, akan muncul tampilan bahwa kolom anda telah berhasil di buat : 
Mengisi data tabel pun mudah, dengan mengklik link insert  saja, maka kita dapat leluasa mengisi data yang sesuai, tentunya kita perlu memperhatikan variabel dari kolom tersebut juga. Sekian pembuatan database sederhana.. Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)