Selasa, 08 November 2011

Soal Latihan Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak

Modul 0-1 
by Admin
Soal - soal yang terdapat dalam modul kuliah Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak, yang dapat Anda ingat dalam teori Rekayasa Perangkat Lunak. (Dari Modul 0-1).


Jelaskan tentang Rekayasa Perangkat Lunak !
Perangkat lunak dibangun untuk memproses data, mentransformasikan data dari satu bentuk ke bentuk yang lain baik untuk proses “batch” maupun proses real time.  Selain itu perangkat lunak juga melakukan pemrosesan kejadian/event. Sebuah event mewakili beberapa aspek dari kendali sistem yang sebenarnya adalah data Boolean.  Data dan kendali tersebut berada pada domain informasi dari suatu masalah yang terdiri dari :
  • Kandungan informasi, menggambarkan data dan objek kendali yang terdiri dari kumpulan informasi yang ditransformasikan oleh software
  • Aliran informasi, menggambarkan cara bagaimana data dan kendali berubah di seluruh sistem
  • Struktur informasi, menggambarkan organisasi internal dan berbagai data dan kendali.
Apa saja tahapan dalam membangun perangkat lunak, sebutkan dan jelaskan !
     Tahapan dalam membangun perangkat lunak, di antaranya :
  1. Analisis : Tahapan ini sangat penting, membutuhkan ekstra ketelitian karena kemungkinan kesalahannya. Kesalahan dalam suatu perangkat lunak yang terjadi sejak dari fase ini dan terlambat terdeteksi sehingga akan memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.
  2. Perancangan : melakukan perancangan data, struktur program, antar muka dan prosedur-prosedur perangkat lunak.
  3. Pengkodean : melakukan implementasi atau pengkodean berdasarkan hasil perancangan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
  4. Pengujian : melakukan pengujian terhadap software yang dibangun, apakah telah sesuai dengan harapan klien. Jika telah sesuai maka perangkat lunak ini dapat diintegrasikan untuk digunakan. Sebaliknya jika masih ada kekurangan atau kesalahan maka dapat mengulangi mulai dari fase analisis sampai pengujian.

Sebutkan dan jabarkan tentang Software Development Management !
Software Development Management (terdiri dari banyak fungsi dan tim), yaitu :
  1. Software Project Manager
  2. Software Engingeering
  3. Software Configuration Management
  4. Software Quality
Software Project Manager
Kerjanya adalah hal-hal yang berhubungan dengan konsumen, penetapan anggaran dan jadwal pelaksanaan proyek perangkat lunak.

Software Engineering
Terdiri atas Analyst, Designer, dan  Programmer. Ada pun tugas mereka :
Analyst : berhubungan dengan konsumen secara lebih rinci; bertugas mendeskripsikan atau menggali fungsi dan unjuk kerja software yang akan dibangun.
Designer : bertugas merancang algoritma/prosedur yang tepat untuk fungsi tersebut disesuaikan dengan hardware atau software pendukung yang ada.
Programmer : mengimplementasikan algoritma dalam bentuk kode-kode program menggunakan bahasa pemograman.

Software Configuration Management
Tugasnya adalah memantau prosedur-prosedur yang telah ditentukan, mencatat konfigurasi pada tahap-tahap tertentu berdasarkan kenyataan yang ada. Seperti System Administrator : bertugas melakukan pengelolaan terhadap sistem pada saat diimplementasikan.

Software Quality
Terdiri dari Software Test Engineer : bertugas melakukan pengujian sistem. Serta,  Software Quality Assurance : bertugas melakukan pengawasan apakah software yang dibangun telah berjalan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Jelaskan manfaat proposal dalam proyek perangkat lunak!
Proposal di buat untuk memberikan gambaran secara ringkas mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan atau dibangun.

Bagaimana Kerangka sebuah Proposal ?
  • Abstraksi.
  • Daftar : Daftar Isi,  Daftar Gambar, dan/ atau Daftar Tabel.
  • Bab Pendahuluan : Gambaran Umum Proyek, Tujuan, Daftar Definisi dan Singkatan, dan  Refrensi.
  • Bab Organisasi Proyek : Struktur Organisasi, Otoritas, Hak dan Tanggung Jawab, dan Anggota Tim.
  • Bab Proses Manajerial : Tujuan dan Prioritas Manajemen, Asumsi, Ketergantungan dan Kendala, Batasan Pengembangan Proyek, Dokumentasi Perangkat Lunak, serta Rencana Penugasan.
  • Bab Proses Teknis : Menjelaskan tentang rencana penggunaan, seperti sistem komputer (hardware dan software), metode pemodelan, notasi, alat bantu, teknik dan metode lain yang digunakan.
  • Bab Paket Kerja dan Jadwal :  menjelaskan tugas dari masing-masing anggota tim pada setiap tahap dna jadwal pelaksanaannya.
  • Lampiran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa beri komentar dan join blognya yaa :)